coretanku: Transfer File Via Wifi dari Android ke Laptop

Monday, November 11, 2013

Transfer File Via Wifi dari Android ke Laptop


Biasanya transfer file dari android ke laptop menggunakan kabel data, card rider dan kadang juga menggunakan bluetooth. Akan tetapi jika kita ingin mengirim file dari android ke laptop atau sebaliknya dan ternyata kita tidak membawa kabel data dan tidak ada card rider buat microSD pula, nah pada saat seperti ini kita dapat melakukan kirim file lewat wifi dengan bantuan sebuah aplikasi di android yaitu WIFI FILE TRANSFER.



Tidak mungkin kan kita mengirim file dengan bluetooth jika ukuran filenya terlalu besar, berapa lama kita menunggunya? dengan kecepatan transfer file ini dapat dilakukan jika laptop kalian ada wifinya. transfer file ini juga dipengaruhi spec wifi kalian, semakin bagus ya semakin cepat, tapi jangan khwatir swalaupun spec wifi kalian rendah, masih tetap lebih cepat transfer filenya dibandingkan dengan transfer file lewat bluetooth.

Sebenarnya Wifi File Transfre ini dapat juga digunakan antar android walapun android kalian tidak ada fasilitas wifi direct, tapi penggunaanya ini yang menurut saya agak ribet. saya akan kasih contoh penggunaanya dari android ke laptop.
Pertama yang harus dipersipkan adalah :
1. Download dulu file Wifi File Transfer Pro 1.0.7 disini.
2. Jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini anatar android kalian harus mendownload adobe flash player terlebih dahulu.
3. Pastinya laptop yang ada wifinya.

untuk langkah-langkahnya :
1. install dulu file apknya.
2. nyalakan thetering atau portable hotspot, di android kalian.
3. matikan mobile data atau internet kalian.
note : untuk pengalaman pribadi saya bisa menggunakan aplikasi ini kita harus menghidupkan portable hotspot, bukan wifi di hp kitanya, atau kalian harus menseting laptop kalian agar menjadi akses point. tapi menurut saya terlalu ribet ini yang menurut saya paling simple.
4.  nyalakan wifi pada laptop kalian, kemudian cari hotspot android kalian.
5. jalankan aplikasi Wifi File Transfer Pro pada android kalian. kemudian tombol start.
6. buka URL yang terdapat pada aplikasi Wifi File Transfer pro tersebut.

 Nah kalau sudah terbuka, berarti sudah bisa. jika kalian ingin mengcopy file dari android ke laptop kalian bisa mencari foldernya dahulu, kemudian klik download pada file tersebut.
jika ingin mengirim file dar laptop ke android, pada menu sebelah kanan pilih file atau pilih folder jika ingin langsung banyak. kemudian cari filenya atau foldernya. setelah itu klik upload now. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.









Note : jika mobile data kalian tidak dimatikan maka aplikasi ini tidak akan berhasil dijalankan, karena dia akan minta berbayar.

No comments :

Post a Comment

iklan