coretanku: Transfer File Super Cepat Via WIFI di android

Thursday, October 17, 2013

Transfer File Super Cepat Via WIFI di android


Banyak yang hanya mengetahui transfer file hanya bisa menggunakan Bluetooth, media chatting seperti WeChat,WhatApps,Line,dll. Akan tetapi media chatting ini hanya bisa mengirim file yang berukuran kecil dan tetntunya membutuhkan jaringan mobile data, kalau seperti ini tidak gratis dong. Dan jika menggunakan Bluetooth memang gratis, tetapi transfer ratenya membuat kita harus lebih bersabar. Masalahnya jika kita ingin mengirim file video atau file yang berukuran GByte, apakah yakin kalian akan mengirimnya menggunakan Bluetooth…?



Dan permasalahannya juga akan muncul jika kita tidak membawa pc/laptop/computer dan kabel datanya. Bagaimana kita melakukan transfer file tersebut? Dan ternyata permasalahan kita bisa terjawab dengan adanya transfer file lewat wifi. Pertama kali saya mendengarnya saya pasti mengutaran pertanyaan. Apakah bisa? Bagaimana caranya? Nanti kuota saya abis dong?
Setelah saya coba, ternyata caranya sangatlah simple dan tidak memerlukan jaringan mobile data alias gratis. Pengiriman file ini menggunakan frekuensi yang sama dengan Bluetooth akan tetapi ini menggunakan media wifi. Jika kita menggunakan wifi, kita hanya bisa mengirim file dengan jarak 10m dan transfer ratenya up to 24mbps tergantung spek bluetoothnya sendiri, akan tetapi jika dibandingkan dengan wifi dia bisa mengirim file dengan jarak 100m dan kecepatan transfer ratenya up to 600mbps tergantung spek wifinya juga.
Transfer file menggunakan wifi ini hanya bisa dilakukan jika android kalian tersedia fiture wifi derect atau wifi langsung. Jika di androidnya ada fiture wifi direct atau wifi langsung tetapi pada saat ingin mengirim file tidak ada pilihan wifi direct atau wifi langsungnya maka ini harus memerlukan aplikasi tambahan seperti officesuite.  Oke langsung saja ke step stepnya :

Aktifkan fitur WiFi Langsung/WiFi DIrect di HH pengirim dan penerima
1. Masuk ke Pengaturan>Nirkabel & Jaringan>Lainnya> pilih/centang wifi direct atau wifi Langsung.
2. Setujui penggunaan WiFi Langsung berikut efek sampingnya menon-aktifkan operasi Hotspot/WiFi client yang lain.
3. Akan muncul notifikasi WiFi Langsung aktif

Pengiriman file:
1. Di HH pengirim, silakan pilih dan kirim file menggunakan eksplorer dan sejenisnya seperti biasa, lalu pilih kirim/share via WiFi Direct (kalau tidak ada pilihannya, berarti instal dulu aplikasi semacam OfficeSuite di HH penerima & pengirim).
2. HH pengirim akan memindai ketersediaan perangkat yang sudah aktif (jika terlalu lama, coba matikan fitur WiFI langsung di HH penerima, lalu nyalakan lagi). Pilih perangkat yang tersedia. Jika sudah ketemu klik pada devicenya untuk menginvite.
3. Di HH penerima akan muncul notifikasi permintaan penyambungan WiFi langsung dari HH pengirim. klik OK. Jika keduanya sudah terhubung aka nada tulisan connected. Dan pengiriman akan berlangsung.
4. Di HH penerima terlihat proses pengiriman. Setelah selesai, akan muncul norifikasi berhasil atau tidak.









Khusus yang tidak ada pilihan wifi directnya pada saat pengiriman, kalian bisa mendownload OfficeSuitenya DISINI.

17 comments :

  1. gan kalo ke pc gimana gan ? pencerahannya gan . . . thx

    ReplyDelete
  2. maaf sebelumnya gan, saya sendiri kalau coba wifi direct langsung dari bawaan HPnya belum pernah, nah saran saya meding pake aplikasi tambahannya aja gan lebih gampang..
    coba buka di halaman dibawah ini
    http://coretan-ikhsan.blogspot.com/2013/11/transfer-file-via-wifi-dari-android-ke.html

    ReplyDelete
  3. sip bagus infonya...kalo ane applikasi cshare

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke trimakasih gan..
      wah ada tool baru lagi tuh, kapan boleh saya share totorialnya buat bahan postingan, sudah lama ga posting lagi nih..
      thanks sudah berkunjung..

      Delete
  4. Replies
    1. kalau untuk filenya bebas gan, bisa file video, suara, gambar, document office,dll.

      Delete
  5. Kl krim file dri android k pc at sbliknya bisa g ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aplikasi wifi file transfer pro aja gan

      Delete
  6. Kl krim file dari pc k android at sblik nya gmana gan ? Saya ud coba pke superbeam tp btuh kneksi internet. Ad aplikasi lain g y g kneksi internet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk transfer dari android ke PC saya sendiri belum pernah jika menggunakan wifi direct langsung dari bawaan hpnya. tapi kalaumenggunakan aplikasi sering banget malah. coba aja gan pake wifi transfer file pro, ga pake internet gan. coba cek di link ini
      http://coretan-ikhsan.blogspot.com/2013/11/transfer-file-via-wifi-dari-android-ke.html

      Delete
  7. Gan...saya punya samsung grand 2.klw saya kirim file ke sesama hh samsung bisa.tp klw ke hh lain misal sony atau oppo pengiriman selalu gagal.itu kenapa ya?
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan mengirim filenya menggunakan apa..?
      terus file yang dikirim berbentuk apa..?

      Delete
  8. Pake NFC dong cepet banget share Film HD cuma 5 menit!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan, atas sarannya..
      trimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  9. Good info.. Trrnyata fitur ini udah ada di hp murmer saya, n selama ini ga tau fungsinya.. Ditunggu tips android lainnya... Tq gan...

    ReplyDelete

iklan