coretanku: Cara Flashing Android Sony Ericsson Xperia X8

Tuesday, August 6, 2013

Cara Flashing Android Sony Ericsson Xperia X8

Melakukan flashing pada android kita itu biasanya dikarenakan android kita terkena bootloop atau soft brick atau yang paling gampang android kita tidak bisa hidup kembali akibat salah install custom rom atau yang lain. Nah kali ini saya akan membahas bagaimana cara flashing x8 menggunakan flashtool. Flashtool ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk x8 saja, tetapi bisa juga digunakan untuk flashing x8, x10, x10mini, xperia arc, xperia neo, xperia play, xperia acro, xperia P, xperia U, xperia Sola , xperia Pro, xperia Ray, xperia S,dll. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihatnya di driver flashtool. Yang membedakannya hanyalah firmwarenya saja. keuntungan melakukan flashing dengan flashtool ini, kita hanya cukup mendownload firmware hanya sekali dan dapat digunakan lagi suatu saat tanpa harus mendownload lagi firmwarenya. Oke, langsung saja, pertama-tama bahan yang harus kita siapkan, yaitu :
  • Flashtool, kita bisa mendownloadnya disini, pilih sesuai PC kmu, apakah menggunakan windows, linux ataukah mac.
  • Firmware eclair X8, nah disini saya sudah siapkan filenya yang sudah berbentuk tft. kita bisa mendownloadnya disini
Dan untuk lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi situs xda developer disini.
Jika semua sudah sudah siap, maka langkah selanjutnya yaitu :


  1. Install flashtoolnya
  2. Pastika terlebih dahulu PC companion membaca X8 kita, untuk cara penginstallanl PC companion bisa melalui CD bawaan hp atau bisa juga di download dari situs resminya disini.
  3. Install driver X8nya, jika belum ada kalian bisa menginstallnya di folder : C/Flashtool/driver. pastikan drivernya sudah terinstall di PC kamu dengan benar. Biasanya ada pemberitahuan "driver ready to use". Akan tetapi untuk memastikannya coba lakukan langkah berikut :
    • Jalankan flashtool
    • Colokan X8 kamu dengan kabel USB, jika simbol simbol pada menu flashtool sudah tidak terblock lagi. maka driver sudah terinstall. 
    • Coba juga matikan X8 kamu, cabut kabel usbnya, kemudian tekan tombol back lalu masukan kabel usb, nah jika X8 kamu terdetek di flashtool, berarti driver sudah terinstall dengan benar.
    3.  Extract firmware eclair X8 yang sudah kita download tadi di folder :C/flashtool/firmware.
    4.  Jalankan flashtool, jangan colokan X8 kita terlebih dahulu, dan lebih baik langsung matikan saja                    X8nya.
    5.  Pada menu flashtool, klik Flash ( sama seperti pada gambar)


    6.  Kemudian pilih flashmode ( sama seperti pada gambar).


    7.  Pilih firmware yang sudah kita extract tadi yang bertuliskan X8i_2.1.1.A.0.6..... lalu klik ok.


    8.  Tunggu sampai ada pemberitahuan seperti pada gambar.


    9.  Kemudian ikuti sama seperti yang terlihat pada pemberitahuan, yaitu tekan tombol back, kemudian                baru colokan kabel USBnya sampai terlihat proses flashing berjalan baru boleh dilepas.
  10.  Tunggu proses flashing selesai sampai disuruh melepaskan kabel USB.


  11.  Finish....



 Note : DO WITH YOUR RISK!!!

No comments :

Post a Comment

iklan